Himpunan Mahasiswa Departemen Pendidikan Tata Boga dan Busana Universitas Negeri Malang (UM), memiliki program kerja yang direncanakan yaitu Merajut Kebaikan dengan memberikan sosialisasi terkait Macam- macam Jenis Bullying dan Berbagai Contoh serta game yang berkaitan dengan bahaya bullying dan dampaknya kepada anak-anak di Panti Asuhan Siti Hajar Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang yang dilaksanakan pada tanggal 22/07/2023). Kegiatan ini didanai oleh Fakultas Teknik (FT) UM. 

Sosialisasi ini dipilih berdasarkan banyaknya kasus perudungan yang terjadi pada anak-anak terutama pada lingkungan yang kurang memadai karena minimnya pendidikan karakter yang tertanam pada diri masing-masing. Pendidikan karakter sebagian besar terlahir dari pondasi yang baik seperti dari orang tua, keluarga ataupun lingkungan tumbuh berkembang yang memadai. Nyatanya kondisi anak-anak pada masa sekarang sangat memprihatinkan, banyak kasus terjadi seperti penindasan anak yang memiliki masalah atau perbedaan dalam keutuhan keluarganya yang mengakibatkan efek trauma parah maupun ringan terhadap proses pertumbuhan dari segi mental maupun fisik. 

Kegiatan ini merupakan implementasi dari salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat sekitar. Program ini disambut dengan baik oleh Kepala Pengurus Panti Asuhan Siti Hajar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Selain untuk memberikan penanaman karakter yang baik, sosialisasi ini di arahkan kepada penyebaran pendidikan yang bermutu dan bernilai tinggi untuk anak-anak usia sekolah dasar. Untuk membentuk penerus yang baik dibutuhkan pendidikan dan karakter yang setara baiknya untuk menunjang keberhasilan negara.