Program Kampanye Gemar Makan Ikan merupakan kegiatan yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan mulai tahun 2004 yang bertujuan untuk mengkampanyekan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini. Sosialisasi gemar makan ikan memiliki tujuan yaitu mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar makan ikan sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

Foto dokumentasi sosialisasi Gemar Makan Ikan

Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 1, Jl. Sigura-gura I No. 11, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145 pada hari Jumat (4/8/2023) kepada siswa/siswi kelas 4 dan 5.  Sosialisasi gemar makan ikan ini merupakan kegiatan Himpunan Mahasiswa Departemen Pendidikan Tata Boga dan Busana Universitas Negeri Malang.

Kegiatan tujuan untuk memberikan kontribusi dalam memberikan ilmu cara membiasakan hidup sehat dan menumbuhkan jiwa saling peduli, saling berbagi ilmu dan menjunjung tinggi kedisiplinan serta sebagai suatu bentuk aksi yang berupaya untuk meningkatkan gizi anak-anak menjadi lebih baik melalui olahan ikan. Materi diberikan melalui story telling oleh Dr. Siti Mafulah, M.Pd dari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Dokumentasi Kegiatan

Penyampaian materi dibuat semenarik mungkin sehingga memikat hati anak-anak untuk mendengarkan dan memperhatikan dengan sungguh-sungguh materi yang diberikan. Pemateri membawa boneka sebagai teman untuk memberikan edukasi sehingga anak-anak sangat antusias dan target yang ingin dicapai pada kegiatan ini  tercapai dan acara juga berjalan dengan sangat lancar. disela-sela pemateri Tim HMD juga memberikan Ice Breaking untuk menghilangkan kejenuhan dengan memberikan banyak door prize untuk anak-anak. Anak-anak semakin antusias dan sangat bersemangat mengikuti acara hingga selesai. Di akhir kegiatan Tim HMD DPTBB mengajak semua peserta untuk menikmati hasil olahan ikan yang dibuat sendiri oleh tim mahasiswa jurusan Pendidikan Tata Boga sebagai produk home made yang aman dikonsumsi anak dan sehat serta memberikan banyak nutrisi buat pertumbuhan mereka. Anak-anak sangat menikmati dan bisa menumbuhkan animo anak untuk menyukai ikan dalam bentuk olahan makanan sehingga yang tadinya tidak menyukai ikan menjadi suka makan ikan setelah diolah menjadi produk makanan yang lain.