Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah gaya hidup yang mengutamakan kebersihan tubuh maupun lingkungan sekitar. PHBS merupakan perilaku yang perlu dibiasakan dalam aktivitas sehari-hari agar kualitas hidup dan kesehatan lebih terjaga. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan sekolah merupakan upaya siswa dan guru atas dasar kesadaran untuk mencegah penyakit, membuat lingkungan yang sehat terbebas dari penyakit, serta meningkatkan kualitas kesehatan untuk tubuh. Tidak jarang masih banyak kasus tentang rendahnya PHBS di lingkungan sekolah yang membuat siswa rentan terjangkit penyakit.

Himpunan Mahasiswa Departemen Pendidikan Tata Boga dan Busana (HMD PTBB)  Universitas Negeri Malang memberikan kontribusi dalam memberikan ilmu bagaimana cara membiasakan hidup sehat dan serta menumbuhkan jiwa kepedulian untuk saling peduli, mampu memanajemen waktu dengan baik, saling berbagi ilmu dan menjunjung tinggi kedisiplinan.

Peserta program sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah Guru dan siswa/siswi kelas 4 dan 5 SDN Sumbersari 1, Jl. Sigura-gura I No. 11, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145 pada hari Jumat (4/8/2023). Program Himpunan Mahasiswa Departemen Pendidikan Tata Boga dan Busana Universitas Negeri Malang merupakan lanjutan dari program dengan tema “Satu Langkah Menuju Kebiasaan Sehat”.