(6/9/2023) Pada kesempatan kuliah tamu yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Tata Boga dan Busana FT – UM, bapak Nicko Gana Saputra, S.ST., M.M., dari Politeknik Sahid Jakarta mengajak mahasiswa untuk membuka wawasan tentang perkembangan teknologi dan dampaknya pada industri kuliner yang merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari.

Kehadiran teknologi membawa perubahan baik berupa efisiensi bisnis. Sebagai contoh, transformasi digital  yang saat ini memaksa pelaku industri kuliner untuk menggunakannya karena terbukti dapat meningkatkan serta mengefisiensikan bisnis kuliner dan mengurangi biaya operasional perusahaan. Oleh karena itu, pebisnis bidang kuliner tidak boleh terlambat dalam mengadopsi teknologi.

Saat ini masyarakat merasakan kemudahan untuk menjual dan membeli makanan serta minuman melalui aplikasi. Platform- platform yang menyediakan layanan pesan makanan lewat online seperti Gofood, Grabfood, selain memberikan kemudahan proses jual beli makanan, juga dapat dianggap turut membantu mempromosikan bisnis kuliner UMKM. Teknologi juga dapat meningkatkan kualitas dalam pelayanan dan pengalaman baru bagi pelanggan, misal dalam  proses pemesanan, pembayaran kasir, pencatatan pesanan, procurement, hingga booking system.

Selain melaksanakan kegiatan kuliah tamu, kehadiran tamu dari Politeknik Sahid jakarta juga bertujuan untuk menjalin kerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Kerjasam ditandai denagn penandatanganan dokumen perjanjian kerjasama. Diharapkan ada implementasi kerjasama dalam bentuk lain di waktu mendatang.