Departemen Pendidikan Tata Boga dan Busana (DPTBB) Universitas Negeri Malang pada Senin, 11 September 2023, berkesempatan melaksanakan kuliah tamu sekaligus menambah wawasan tentang hal-hal yang terkait dengan pengembangan sumber belajar. Kegiatan yang berlangsung di Gedung B13 ruang 211 merupakan implementasi kerjasama DPTBB dengan Universitas IVET Semarang.

Dhega Febiharsa, S.ST., M.Pd selaku pemateri pada kegiatan kuliah tamu hadir memberikan materi mengenai “ Proses Pembuatan dan Penerbitan Buku”. Selain sebagai dosen, pemateri juga aktif pada Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (Aptikom) dan menjadi anggota Asosiasi Dosen dan Guru Vokasi Indonesia (ADGVI)/ Indonesian Vocational Lecturer and Teacher Association.

Materi yang disampaikan diharapkan dapat memperkaya materi yang disampaikan oleh dosen pengampu pada matakuliah Pengembangan Sumber Belajar yang sedang ditempuh oleh mahasiswa program studi S1 Pendidikan Tata Boga angkatan tahun 2021. Pemateri menjelesakan tentang ISBN (International Standard Book Number). ISBN sebagai pemberi identifikasi terhadap satu judul buku yang diterbitkan oleh penerbit, terdiri dari deretan angka 13 digit. Lebih lanjut, dipaparkan juga tentang fungsi dan struktur ISBN hingga persyaratan permohonan ISBN dengan jelas.

Sebelum menjelaskan tentang proses identifikasi buku melalui ISBN, mahasiswa juga diajarkan tentang bagaimana proses menulis/menghaslkan buku. Dengan diadakannya kegiatan kuliah tamu ini,  diharapkan mahasiswa bisa mengadpsi pengetahuan tentang proses pembuatan dan penerbitan buku / karya buku dengan ketentuan yang sudah ada. ke dalam tugas matakuliah dan atau penelitian yang akan dilakukan.