Talkshow bersama dengan Cosplayer R-yuki666 yang digelar di Gedung Malang Creative Center, Sabtu (7/10/2023). Foto: Sie PDD Multiverse Grand Show Tata Busana UM 2023

Pameran MULTIVERSE Tata Busana UM 2023  merupakan rangkaian kegiatan Grand Show Tata Busana yang menjadi acara tahunan bagi mahasiswa Tata Busana Universitas Negeri Malang. Pameran Multiverse dimulai pada Rabu, 4 Oktober 2023 yang resmi dilaksanakan di Malang Creative Center, Kota Malang. Acara berlangsung selama lima hari, dari 4-8 Oktober 2023.

Pada acara ini masyarakat kota Malang bisa menikmati berbagai kegiatan yaitu trunk show, lomba, serta talkshow. Salah satu kegiatan yang menarik yaitu talkshow cosplayer bersama R-YUKI666. Talkshow ini mendapat banyak antusiasme dari masyarakat, mulai dari banyaknya penonton hingga cosplayer-cosplayer di luar yang ikut datang dan meramaikan.

Suasana Talkshow bersama dengan Cosplayer R-yuki666 dan para penonton cosplayer.

Beragam karakter yang diperankan para Cosplayer, seperti dari serial One Piece,Shoto Todoroki, Souji, serta karakter dari game Mobile Legend. Tidak hanya karakter anime, tetapi ada juga yang membawakan karakter dari serial televisi yaitu peaky blinders. Serta masih banyak lagi karakter-karakter yang dibawakan oleh para penonton cosplayer.

Talkshow cosplayer menjadi acara pertama yang diadakan di pameran Multiverse tata busana UM. Tim panitia pameran melakukan talkshow dengan R-yuki (nama panggung) yang memerankan Hidan dari serial anime Naruto.

R-yuki memaparkan bahwa adanya cosplayer-cosplayer di Indonesia merupakan ekspresi diri yang diperlihatkan ke masyarakat melalui karakter yang dibawa.

“Banyak anak-anak dari SD hingga dewasa yang suka cosplay dari serial series hingga game yang menggambarkan bahwa mereka itu menyukai karakter-karakter tersebut, mereka juga mengekspresikan diri mereka sendiri bahwa karakter mereka juga sama seperti karakter yang disukainya,” Ucap R-yuki saat acara talkshow Multiverse di gedung Malang Creative Center (MCC), Sabtu (7/10/2023).

Di sisi lain, R-yuki juga mengikuti komunitas cosplay pertama di Jawa Timur. “Komunitas ini berdiri pada tahun 2007, kami di komunitas fokus nya lebih ke event-event cosplay, bikin baju cosplay, dan lain-lain. Jadi kami tidak hanya mengcosplay saja tetapi kami membuat baju-baju cosplay yang bisa kami sewakan ke masyarakat sekitar atau bisa kami gunakan sendiri,” sambung R-yuki.

Ia menambahkan bahwa menciptakan busana cosplay dan event-event cosplay merupakan hal yang menyenangkan dan mempunyai tujuan yaitu untuk meningkatkan kreativitas.

“Karena sebuah kreativitas itu tidak ada batasnya,” ungkapnya pada kesempatan yang sama.