Talkshow bersama Designer Adibah Bahrak di Gedung Malang Creative Center, Jumat (06/10/2023). Foto: Sie PDD Multiverse Grand Show Tata Busana UM 2023

Pada Jumat, 06 Oktober 2023 pameran MULTIVERSE Tata Busana UM 2023 melakukan kegiatan talkshow tentang usaha evening wear dengan pembicara Adibah Bahrak. Adibah merupakan alumni Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang yang lulus pada tahun 2018. Dalam dalam talkshow tersebut ia menjelaskan bahwa dalam merintis sebuah bisnis dibutuhkan self branding dan kepercayaan diri yang tinggi supaya kita dapat mengembangkan skala bisnis kita secara optimal. Hal inilah yang terus dilakukan oleh Adibah Bahrak pemilik merek Adibah Bahrak’s Fashion Studio dalam mengembangkan skala bisnisnya.

Berbekal gelar sarjana Pendidikan Tata Busana, Adibah mulai merintis usahanya sejak saat masih duduk di bangku perkuliahan. Selama masih menduduki bangku kuliah Adibah rajin dalam mengikuti perlombaan fashion, “Selama kuliah saya mengikuti lima kali perlombaan tetapi saya baru menang di lomba yang kelima, dan di situ saya memutuskan untuk berhenti berlomba dan bertekad akan mengikuti show di tahun berikutnya” ujar Adibah. Setelah memenangkan perlombaan Adibah menjadi baru berani memberikan branding pada dirinya sebagai desainer.

Sebelum fokus membuat gaun, Adibah Bahrak menerima segala jenis baju yang diinginkan oleh pelanggan. Hal tersebut dilakukannya, agar orang-orang tahu bahwa ia bisa menjahit. Pelanggan pertamanya merupakan teman-teman kosnya “Itupun tidak dibayar, mereka dibikinin baju dan mereka pakai saja sudah alhandulillah banget” sambung Adibah.

Seiring dengan berjalannya waktu Adibah fokus untuk mengerjakan gaun-gaun modest wear dengan ciri khasnya berupa desain gaun yang simple tetapi bermain dengan detail-detail yang cantik. Hal tersebut dilakukannya karena sesuai dengan passion yang dimilikinya dan tentunya juga melihat peluang pasar yang ada. “Baju ready to wear persaingannya ketat banget, kalua kita buat susah banget menyeimbangkan antara harga jual dengan jam kerja yang sudah terpakai. Sebenarnya total jam kerja yang kita pakai dalam mengerjakan baju ready to wear dan evening wear itu sama tetapi ongkosnya tidak bisa sama” tutur Adibah saat acara talkshow Multiverse di gedung Malang Creative Center (MCC), Jumat (06/10/23).

Dalam menjalankan bisnisnya Adibah lebih menonjolkan self branding dari pada brand branding. Hal tersebut dilakukannya dengan cara mulai menyombongkan karyanya melalui media sosial yang dimilikinya. “Kalau self branding kita sudah kuat, kita mau menjual produk apapun mereka bakal percaya” sambung Adibah. Selain itu, menurut Adibah kesalahan terbesar yang dilakukan oleh orang yang bekerja di industri kreatif adalah tidak mengenalkan produknya dengan percaya diri di media sosial yang mereka miliki. “Ketika kita terjun di industri kreatif kita harus menyombongkan karya kita, tidak boleh ada lagi yang namanya insecure dan introvert. Kita harus tunjukkan sisi ekstrovert kita berupa karya” ujar Adibah.