Departemen Pendidikan Tata Boga dan Busana mengadakan kegiatan kuliah tamu dengan tema pengembangan pangan lokal.  Dalam kesempatan ini, DPTBB menghadirkan dosen tamu dari Universitas Pendidikan Ganesha(Undiksha) selaku pembicara yaitu Dr. Dra. Risa Panti Ariani, M.Si.

Mocaf merupakan olahan tepung dari singkong yang diproses menggunakan prinsip memodifikasi sel ubi kayu dengan cara di fermentasi. Fermentasi yang dilakukan mengubah karakteristik tepung sehingga dapat digunakan sebagai bahan baku produk pangan.

Terdapat beberapa keunggulan menggunakan mocaf, yaitu: kandungan serat terlarut lebih tinggi daripada tepung gaplek, kandungan kalsium lebih tinggi (58mg) dibanding padi (6mg)/gandum (16mg), oligasakarida penyebab flatulensi sudah terhidrolis, mempunyai daya kembang setara dengan gandum tipe II (kadar protein menengah) dan daya cerna lebih tinggi dibandingkan dengan tapioka gaplek.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran dalam bentuk pendidikan terkait edukasi olahan mocaf kepada mahasiswa. Kegiatan ini disambut baik oleh mahasiswa angkatan 2023. Kegiatan ini diadakan untuk mengedukasi mahasiswa bagaimana cara membuat olahan mocaf dari fermentasi singkong menjadi tepung. “Mocaf (modified cassava flour) adalah produk tepung dari singkong yang di proses menggunkan prinsip memodifikas sel ubi kayu dengan cara difermentasi.” kutipan materi Risa Panti Ariani.

Kegiatan ini dilakukan secara luring di Ruang A20.602 Gedung Kuliah Bersama UM, dengan peserta diikuti oleh mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Boga Angkatan 2023. Tujuan dari kuliah tamu ini adalah mahasiswa dapat memperluas wawasan mereka tentang materi pengolahan singkong menjadi tepung dengan cara difermentasi.