Program Studi Pendidikan Tata Busana, Departemen Pendidikan Tata Boga dan Busana, FT- UM, pada hari  Senin, 27 Mei 2024  mengadakan kuliah praktisi yang bergerak dibidang fashion. Patrick Meilfen Samallo seorang desainer yang memiliki latar belakang mengajar sebagai praktisi  di Universitas Ciputra, LaSalle College Surabaya dan Merachel Design Academi berbagi ilmu dan berpengalamannya dalam mengadakan  show di Paris.

Dalam rangka menambah wawasan mahasiswa S1 pendidikan Tata Busana untuk dapat membranding hasil karya busananya perlu mendapatkan ilmu mengembangkan sebuah merk pribadi.

Dalam penyampaiannya, Patrick memaparkan bahwa perlu melakukan 1) Penilaian diri, bagaimana gaya khas yang mencerminkan kepribadian dan filosofi dari desain kita, 2) Jaringan, dengan kehadiran online, kita harus dapat memanfaatkan platfotm media sosial dan jaringan profesioanal dimana dapat diketahui acara industri sehingga kita dapat menghadiri peragaan busana, pameran dan melakukan networking, selain itu juga dapat bekerjasama dengan desainer, influencer untuk memperluas jangkauan.

Untuk mencapai sasaran, Patrick juga berbagi tentang  pentingnya mendefinisikan merk yang dimiliki seperti Apa nilai inti dari merk yang kita miliki, serta tujuan jangka panjangnya. Untuk menetapkan target audiens kita bisa menetapkan siapa pelanggan ideal kita sehingga merk bisa dirasakan, apakah mewah, berkelanjutan atau avant garde. Logo dan nama harus membuat berkesan dan bermakna.

Dalam paparan kuliah tamu tersebut juga diselingi dengan tanya jawab tanya jawab yang menarik karena mahasiswa S1  Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang, saat itu akan melakukan exhibition yang telah terlaksana pada bulan Oktober 2024 lalu.

Pesan Patrick sebelum mengakhiri kuliah tamunya, bahwa senantiasa berinovasi dengan tetap mengikuti perkembangan trend fashion global dan bersedia bereksperimen terus,

Gambar berikut  diambil saat Patrick sedang memberi kuliah tamu pada mahasiwa Pendidikan Tata Busana dalam suasana yang santai  dan menyenangkan.